Apa itu Home Network Dan Apa Saja Perangkatnya ?

Apa itu home network? Bila dirumah Anda ada beberapa perangkat digital atau komputer yang saling terhubung, maka itu bisa diasumsikan sebagai home network. Sedangkan pengertian home network adalah jaringan lokal untuk komunikasi antara perangkat digital yang biasanya ditempatkan di rumah, dengan sejumlah komputer pribadi (PC) dan perangkat tambahan, seperti printer dan perangkat komputasi mobile seperti ponsel dan tablet.

Fungsi yang utama dari home network adalah berbagi akses internet dan data, seringkali menggunakan layanan broadband atau melalui akses internet kabel, Digital Subscriber Line (DSL) atau mobile broadband oleh penyedia layanan internet (ISP).

Untuk membangun jaringan rumahan dibutuhkan hub atau switch, router dan perangkat lainnya yang memungkinkan beberapa komputer untuk berbagi data. Router dapat menghubungkan jaringan dengan beberapa perangkat, namun router dedicated lebih umum digunakan untuk akses point atau hotspot yang menyediakan akses WiFi.

Beberapa perangkat yang sering digunakan untuk membangun home network:

Router: Ini adalah perangkat utama dari home network untuk membagi koneksi nirkabel atau wireless ke banyak perangkat. Router berfungsi untuk meneruskan paket dari network satu ke network lain.

Hub: hardware ini menghubungkan beberapa komputer dan perangkat kedalam suatu jaringan lokal (Local Area Network). Berfungsi untuk menambahkan port LAN dan meningkatkan jumlah klien jaringan yang dapat dihost. Sekarang Hub sudah usang karena ada switch yang menawarkan kinerja lebih baik dengan harga yang hampir dengan Hub.

Switch: Hampir sama dengan hub untuk menghubungkan beberapa perangkat sekaligus, namun ada perbedaan dengan hub yaitu hub menggunakan satu saluran bersama untuk semua port-nya, sedangkan switch memiliki saluran khusus untuk masing-masing port-nya. Ini berarti lebih banyak klien terhubung ke sebuah hub, maka akan semakin lambat kecepatan transfer data, sedangkan dengan switch kecepatan tidak berubah sesuai dengan jumlah klien yang terhubung. Harga switch umumnya bervariasi berdasarkan standar (Ethernet biasa atau Gigabit), dan jumlah port yang tersedia.

Kabel LAN: kabel yang menghubungkan antara perangkat komputer ke switch atau Hub. Namun bila Anda membangun wireless network kemungkinan Anda tidak memerlukan kabel ini.

Modem Broadband: Sering disebut juga modem DSL atau modem kabel, modem broadband adalah perangkat yang menjembatani koneksi internet dari penyedia layanan ke komputer atau ke router agar kita dapat terkoneksi keinternet. Umumnya, modem memiliki satu port LAN (untuk terhubung ke port WAN router, atau ke perangkat Ethernet) dan satu lagi port untuk telepon (DSL modem) atau port Coaxial (modem kabel), yang terhubung ke saluran layanan operator. Jika Anda hanya memiliki modem maka hanya satu perangkat yang dapat tersambung keinternet. Untuk menghubungkan lebih dari satu perangkat ke Internet, Anda akan perlu router, hub atau switch. Sekarang ini sudah banyak produsen yang menawarkan perangkat combo yang merupakan kombinasi dari modem dan router, atau router nirkabel, semua dalam satu perangkat.

Akses point: Pada prinsip dasarnya hampir sama dengan router, namun akses point lebih spesifik bisa menggantikan fungsi switch atau hub yaitu dengan memancarkan dan menerima sinyal-sinyal radio WLAN. Sehingga client yang terhubung dapat bertukar data dengan subnet mask yang sama.

Saat ini memang jamannya koneksi wireless tanpa kabel karena lebih praktis dapat perangkat dapat dipindah-pindah. Sehingga router atau modem router yang paling banyak digunakan untuk membangun jaringan rumah atau home network.
Sumber :

0 komentar "Apa itu Home Network Dan Apa Saja Perangkatnya ?", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Jika link download rusak beritahu kami dengan memberikan komentar ya...

Note: Only a member of this blog may post a comment.