Kaspersky: 99% Ancaman Mobile Menyerang Android

Android saat ini adalah sistem operasi mobile terpopuler di dunia. Para penjahat cyber pun menjadikannya sasaran empuk di mana banyak program jahat ditujukan untuk menyerang Android.

Vendor anti virus Kaspersky bahkan menyebutkan 99% ancaman mobile menargetkan Android. Menurut vendor asal Rusia ini, pada tahun 2012 pertumbuhan malware Android dinilai mencengangkan.

"Tahun 2012 adalah tahun kedua yang menunjukkan pertumbuhan eksplosif malware Android. Di 2012 Kaspersky Lab mengidentifikasi rata-rata 6.300 sampel malware mobile Android setiap bulan," demikian keterangan Kaspersky.

"Secara keseluruhan, di tahun 2012 angka program jahat Android meningkat sampai delapan kali lipat," sebut Kaspersky yang detikINET kutip dari GMA News, Senin (14/1/2013).

Kaspersky menyatakan kebanyakan malware Android bisa dibagi menjadi tiga grup berdasarkan fungsionalitasnya. Grup pertama adalah SMS Trojan yang bisa bikin tekor korban karena membuat ponsel mengirim SMS ke nomor premium.

Grup kedua disebut sebagai backdoors. Malware jenis ini mampu memberikan hacker akses pada smartphone korban untuk diinstal malware atau dicuri datanya.

Sedangkan grup ketiga adalah spyware. Spyware mampu mengkoleksi data personal di ponsel korban, seperti buku alamat, password dan bahkan foto personal.
Sumber :

0 komentar "Kaspersky: 99% Ancaman Mobile Menyerang Android", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Jika link download rusak beritahu kami dengan memberikan komentar ya...

Note: Only a member of this blog may post a comment.