Tips Membuat Sandi dari mbah Google


Tetap aman saat online
Sandi

Sandi adalah baris pertahanan terdepan dalam menghadapi kejahatan dunia maya. Memilih sandi yang rumit dan berbeda untuk tiap akun yang Anda anggap penting serta mengubahnya secara rutin merupakan hal krusial. Berikut adalah beberapa ide untuk membuat sandi yang rumit.

Gunakan sandi yang unik untuk semua akun penting.

Gunakan sandi unik untuk akun Anda, terutama akun penting seperti email dan perbankan online. Mungkin Anda memiliki belasan akun di web, dan Anda tidak dapat menjamin keamanan semua akun tersebut. Penjahat menarget situs dengan keamanan lemah guna mengumpulkan nama pengguna dan sandi yang mereka coba gunakan di situs populer lain. Jika Anda menggunakan sandi yang sama di seluruh web, penjahat dunia maya dapat mengetahui sandi tersebut dari situs yang kurang aman, kemudian menggunakannya untuk meretas akun penting Anda.

Gunakan sandi yang panjang

Semakin panjang sandi Anda, semakin sulit menebaknya. Ada lebih dari satu kuintilion kemungkinan untuk sandi sepanjang 10 karakter (4.000 kali lebih banyak jika Anda menggunakan sandi sepanjang 8 karakter) … dan itu jika Anda hanya menggunakan angka dan huruf.

Gunakan sandi dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol

Penggunaan angka, simbol, dan huruf besar-kecil dalam sandi Anda akan menambah tingkat kesulitan dalam menebak atau memecahkan sandi Anda. Misalnya, ada lebih dari 6 kuadriliun kemungkinan variasi sandi sepanjang delapan karakter dengan angka, simbol, dan huruf besar-kecil – 30.000 kali lebih banyak variasi daripada sandi delapan karakter dengan huruf kecil saja.

Cobalah frasa yang hanya Anda yang tahu

Satu gagasan adalah memikirkan frasa yang hanya diketahui oleh Anda sendiri, dan yang terkait dengan situs web yang bersangkutan agar Anda dapat mengingatnya. Untuk email, Anda dapat memulai dengan “Suatu hari, teman saya, Tom, mengirimkan email yang lucu sekali” , lalu gunakan angka dan huruf untuk membuatnya kembali. “1htsTmeyls” adalah sandi dengan banyak variasi. Lalu ulang proses ini untuk situs lain.

Pastikan opsi pemulihan sandi Anda telah diperbarui dan aman

Pastikan alamat email pemulihan Anda telah diperbarui sehingga Anda dapat menerima email jika suatu saat perlu menyetel ulang sandi. Terkadang Anda juga dapat menambahkan nomor ponsel untuk menerima kode penyetelan ulang sandi melalui SMS. Selain itu, sejumlah situs web (termasuk Akun Google) akan meminta Anda memilih pertanyaan untuk memverifikasi identitas jika Anda lupa sandi. Jika Anda dapat membuat pertanyaan sendiri, cobalah membuat pertanyaan yang jawabannya hanya diketahui oleh Anda. Coba jadikan jawabannya seunik mungkin – Anda dapat melakukannya dengan mencoba beberapa kiat di atas – sehingga meskipun seseorang bisa menebaknya, mereka tidak akan tahu cara memasukkannya dengan benar.

Simpan pengingat sandi Anda di tempat rahasia yang tidak mudah terlihat

Jangan meletakkan catatan yang berisi sandi Anda di tempat terbuka, di komputer, atau meja kerja Anda. Jika Anda memutuskan untuk menyimpan sandi ke dalam berkas di komputer, buatlah nama unik untuk berkas tersebut agar orang tidak tahu isinya. Hindari memberi nama yang terlalu jelas, seperti “sandiku”. Jika Anda kesulitan mengingat beberapa sandi, aplikasi pengelola sandi yang tepercaya dapat menjadi solusi yang baik. Luangkan beberapa menit untuk memeriksa ulasan dan reputasi terkait layanan tersebut.

Tambahkan lapisan keamanan ekstra untuk Akun Google Anda

Ketika meninggalkan rumah, Anda merasa lebih aman jika mengetahui pintunya telah terkunci. Namun bayangkan betapa Anda akan merasa lebih aman jika pintunya juga dijaga. Hal yang sama juga berlaku bagi informasi di dalam Akun Google Anda. Dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah, Anda akan mempunyai tidak hanya satu, tetapi dua sarana keamanan untuk membantu mencegah seseorang menerobos masuk.

Setelah membuat sandi untuk Akun Google, Anda dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Verifikasi 2 langkah mengharuskan Anda mengakses ponsel, juga nama pengguna dan sandi, saat Anda masuk. Ini berarti bahwa jika seseorang mencuri atau menebak sandi Anda, calon pembajak itu tidak akan bisa masuk ke akun karena mereka tidak memiliki ponsel Anda. Kini Anda dapat melindungi diri Anda dengan sesuatu yang Anda tahu (sandi) dan sesuatu yang Anda miliki (ponsel).

Anda bahkan dapat menggunakan lapisan keamanan tambahan untuk melindungi data dari situs web lain. Cukup cari opsi untuk masuk dengan Akun Google, atau gunakan informasi masuk perusahaan lain yang menawarkan fitur seperti verifikasi 2 langkah.

Tenang rasanya mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk membuat sandi lebih rumit.

2komentar:

Jika link download rusak beritahu kami dengan memberikan komentar ya...

Note: Only a member of this blog may post a comment.