Cara Pasang Recent Post di Blogger (Javascript)

ekali lagi saya akan memberikan tips mengenai navigasi untuk blog pada teman - teman semua, jika sebelumnya saya sudah memberikan tips cara pasang navigasi breadcrumb dan juga related post maka kali ini giliran Recent Post atau biasa disebut postingan terbaru. Dengan adanya navigasi recent post pada blog maka akan lebih memudahkan pengunjung untuk mengetahui postingan atau artikel terbaru dari blog kita.
Tutorial cara pasang recent post kali ini akan menggunakan javascript sebagai source codenya dan untuk mempersingkat waktu maka kita langsung saja dengan tutorialnya karena berhubung pada saat menulis artikel ini jam dikamar saya sudah menunjukan pukul 4 subuh hehehe :D

Cara Pasang Widget Recent Post

Untuk memasang widget ini seperti biasa kita harus login ke account blogger dan masuk pada tab Rancangan --> Elemen Laman, kemudian tambahkan gadget HTML/Javascript baru dan CoPas kode dibawah ini ke gadget baru tersebut :
<script type="text/javascript" src="http://blogindo.googlecode.com/files/recent-post.txt"></script>
<script>
    var numposts = 5;
    var showpostdate = false;
    var showpostsummary = false;
    var numchars = 100;
</script>
<script src="http://blog-indo.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&alt=json-in-script&callback=rp"></script>

Tips :
  • Ganti kode yang berwarna merah dengan alamat blog anda
  • var numposts -> Jumlah judul postingan terbaru yang ditampilkan.
  • var showpostdate -> Ganti false menjadi true jika ingin menampilkan tanggal postingan.
  • var showpostsummary -> Bisa diganti menjadi true jika mau menampilkan ringkasan posting dari tiap judul.
  • var numchars -> Jumlah karakter pada ringkasan. Jika showpostsummary disetting false maka option ini tidak akan berpengaruh.
Jika sudah selesai diutak-atik kodenya, coba simpan template anda kemudian lihat hasilnya. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Selamat Mencoba !


( http://blog-indo.blogspot.com/2011/02/cara-pasang-recent-post-di-blogger.html