Kali ini saya akan membahas tentang cara menjadi admin's helper yang mendasar. Admin's helper adalah moderator helper room dan user-user yang ikut-ikutan help admin dengan berbagai motivasi. Kita sebut saja kedua jenis ini sebagai "HELPER".
Pada awalnya, tidak ada helper-helper-an. Pada tahun 2008, users yang request admin melalui pv chat ke admin. Admin pada saat itu bisa mendapat puluhan pv.
Karena terlalu banyak pv, admin mengajak beberapa orang yang dipercaya untuk membantu helping dengan cara checking room. Jadi kalau admin menerima pv request room, admin akan menginformasikan room tersebut di group chat. Dan helper ini akan mengecek ke room tersebut dan menginformasikan kepada admin apa yang terjadi.
Dengan group chat ini juga ada kendala apabila ada yang DC. Maka anggota yang di group chat harus meng-invite teman yang DC tadi ke group chat. Akhirnya dibuat lah helper room supaya tidak perlu invite group chat.
Karena room ini terbuka, room global, mulai lah user-user masuk ke room helper tersebut. Ada yang murni lapor karena roomnya rusuh, ada yang cuma nongkrong, ada yang cuma caper doang plus ingin eksis, ada yang ingin ikut menjadi admin's helper, ada yang cuma ingin melihat perusuh di-kick admin, dan lain-lain.
Dengan room helper ini, system kerjasamanya juga sudah berubah. kalau di GC, admin yang meminta helper untuk checking room. Sedangkan di room helper, helper yang menginformasikan room yang rusuh (cari-cari) atau check room berdasarkan request users.
Sebagai catatan, di mig33 tidak ada jabatan "ADMIN HELPER" atau "ADMIN'S SPY" atau sebutan yang lain.
Setelah sekian lama, akhirnya saya tergelitik dengan tingkahlaku para helper ini karena banyak helper, tetapi tidak tau cara dan tugas menjadi admin's helper.
KEADAAN YANG SERING TERJADI :
1. Helper cuma treak-treak di room tanpa checking room, seperti :
- Done by admin xxx
- @ abc room clear
- @xxxxx room
Yang parah lagi seperti paduan suara.
Yang paling konyol: @ abc room check pls.
Kalo check pls, lah buat apa ikut-ikutan helping??
2. Banyak helper yang cek room seperti wartawan part timer, yaitu enter-lep room. Enter-leave room, kalo kena kick admin, heboh Kalau checking-nya terlambat, pokok ikut treak aja. Yang parah lagi, sudah masuk room telat, room-nya sepertinya tenang, langsung treak di helper room: done / clear. Padahal gak tau apa yang terjadi.
Yang paling kronis, kalau ada staff. Bisa kayak "kejar setoran" treaknya.
3. Help copas. Kerjanya cuma copy-paste doang. Tidak cek room, tapi kesannya helping. Nanti kalau ada yang kasih info "done" atau "clear", ikut-ikutan done dan clear. Sungguh menggelikan
Sebagai helper, gak perlu "cari muka". Admin sudah peka dengan yang begini-begini. Orang tidak tulus pasti kelihatan.
BAGAIMANA SIH CARA HELPING YANG BENAR?
Cara paling gampang, pakai logika. Posisikan diri anda sebagai admin, dan bayangkan. Maka anda akan mengerti. Kalo masih aja gak ngerti, ya sutra lah... forget it.
1. Checking room dengan benar. Bukan cuma ikut-ikutan treak dan heboh doang.
2.Informasikan room dengan jelas.
- Nama room
- Apa yang terjadi, flood, multi, enter-leave dll. Multi seri atau acak.
- Bila memungkinkan sebut id, sebutkan id-nya. Misalnya seperti flood single, auto welcome, copy text, mirror text, tidak sopan dan lain-lain.
Intinya berikan informasi sejelas-jelasnya. Admin akan lebih cepat bila mendapat informasi yang jelas. jadi sebelum masuk room sudah tau apa yang akan terjadi. Apa permasalahannya.
3. Beri update.
Informasi update sangat penting. Dengan informasi update yang cepat, admin tidak buang waktu dan bisa me-moderating room selanjutnya.
Contoh update seperti:
Clear atau done by admin xxx, apabila room yang di-request sudah ditangani oleh admin lain.
- Flood stop
- Roll stop
- Multi leave
- Kicked by users
dan lain-lain.
4. Stay di room yang rusuh. Bukannya enter-leave. Pastikan room sudah benar-benar tenang, baru anda leave room.
5. Kalau sudah ada helper lain di room yang rusuh, helper lain tidak perlu ikut-ikutan masuk. Gak ada gunanya.
Itu 5 point dasar yang harus diketahui admin helper supaya bisa benar-benar membantu users.
YANG PERLU DIPAHAMI :
- Anda menjadi helper bisa saja kena misskick admin. Ibarat di real, sedang ada tawuran, anda malah menonton. Kalo kena batu nyasar, ya wajar.
- Jangan ketik apapun saat ada flood. Anda bisa kena lock admin dan ikut ke-kick admin.
- Jangan enter-leave saat ada roll enter-leave.
- Siap dimaki dan dihina perusuh.
- Siap dibomb pv, GC, pic, call, add, dll
Tidak untuk alasan pribadi. Banyak users yang jadi helper dengan tujuan dekat admin dan memanfaatkan admin untuk kick musuhnya dengan cara licik dan fitnah. Bahkan memperlakukan admin seperti jin. Kalo sama saya, nggak bisa hohoho...
Untuk menjadi helper level advance, anda harus mengerti "Elmu Warung Mbah Moo" yang tidak saya bahas di sini. (by administrator icarus777 / wihono)
TAMBAHAN (dari filiyan) :
1). Coba kalian gunakan applikasi PC
yang mendukung di waktu kalian awasi room
2).Gunakan banyak id lain kalian
waktu awasi room (saran saya jangan ids acak atau random ,gunakan yang levelnya
besar misal level 20an) dengan menggunakan id lain, ini akan menyulitkan
perusuh untuk mengenali kita, ini yang di kenal THE SPY atau
"mata-mata" mereka tidak bisa dikenali kecuali kepada orang
kepercayaan
3).Lihat kondisi room itu waktu
kalian masuk. apa aman jika di tinggal atau tidak
4).Jangan langsung report jika ada
rusuh , bisa jadi kerusuhan itu hanya tejadi 1 x saja (ini akan sangat membuang
waktu) namun jika terus menerus atau mengganggu? lakukan tugas kalian.
hehe...Intinya perhatikan room dengan baik
5).Report yg singkat padat jelas
misal nie :
@indonesia ,flooding multy series
@indonesia ,multy kicking type
random enter left
@indonesia ,rolling id akucintakamu
(ini contoh saja)
6).Sudah tugas helper mereka setiap melaporkan ke admin seperti id single flood atau roll atau pun daftar multy atau user melakukan kenakalan lain helper SUDAH MENGAMBIL GAMBAR atau VIDEO (biasanya di kenal dengan snap), ini bertujuan agar buat bukti jika user yang tekena kick admin tersebut, melakukan kebohongan atau melakukan pemalsuan berita,misalnya mereka bilang " miskick padahal sebenarnya bukan miskick" kita punya buktinya
6).Sudah tugas helper mereka setiap melaporkan ke admin seperti id single flood atau roll atau pun daftar multy atau user melakukan kenakalan lain helper SUDAH MENGAMBIL GAMBAR atau VIDEO (biasanya di kenal dengan snap), ini bertujuan agar buat bukti jika user yang tekena kick admin tersebut, melakukan kebohongan atau melakukan pemalsuan berita,misalnya mereka bilang " miskick padahal sebenarnya bukan miskick" kita punya buktinya
7).Seperti admin icarus777 di atas
update dari room itu sangat penting karena biar tidak membuang waktu admin,
apakah sudah berhenti, atau di atasi admin yang lain atau multynya dah kabur
8).Kalian harus sabar dalam melaporkan pada admin karena
mungkin admin sedang mengamankan di room lain, ada baiknya sering berkomunikasi
dengan admin di saat kamu berada di room admin tersebut
9).Jika ada user yang meminta pertolongan (dalam mig33 tentunya) segera kita bantu, kalau memungkinkan kita bantu sampai selesai masalah dia, (itu pasti sangat mulia) .seperti contoh :
dia kena banned global, suspend account , tidak bisa kirim email ,cara buat room, dan banyak hal yang lain.
10). Ini hanya mengingatkan saja ,jika kalian sedang melaporkan di room admin "JANGAN GUNAKAN KATA" dibawah ini :
-please chek / tolong di cek
penjelasan : kenapa ko seperti ini karena sudah tugas helper itu membantu / menolong room buat apa kita suruh admin yang mengecek juga ? bukan kah itu tugas kita sebagai helper
-snap done (biasanya gitu ketiknya)
penjelasan : karena setiap kita report otomatis seharusnya kita sudah mempunyai snap itu tanpa harus melaporkan di room.
-jangan ulangi laporan seperti flood ,contoh :
@indonesia ,flooding
@indonesia ,flooding
@indonesia ,flooding
@indonesia ,flooding
hal ini akan mengganggu teman2 di room
11)"Mencegah lebih baik dari pada mengobati" begitu kami istilahkan ,atau maksudnya targetkan pada master multy atau perusuh yang beraksi agar kna kick atau ban oleh admin. Beberapa helper yang terlatih dan berpengalaman biasanya mereka bisa mengenali mana yang master multy mana yang bukan,ini perlu kasabaran ,ketelitian ,komunikasi antar sesama helper dalam mengawasi room tersebut ,juga keahlian karena berpengalaman tentunya, dalam poin ini memang cukup susah. Gimana menurut kalian,jikalau penyebab flood atau roll atau hal lain yang bersifat membuat kerusuhan, lalu team mig33 melakukan tindakan untuk menghentikan itu. pasti akan aman kan?semoga ini dapat membantu.
Beberapa poin di atas adalah apa yang saya dapat dari admin icarus777 ,admin reinaldi ,dan juga admin gina.hanna namun ada beberapa dari filiyan sendiri .Saya berterimakasih kepada mereka karena sudah mengajarkan kepada kami mejadi helper.
9).Jika ada user yang meminta pertolongan (dalam mig33 tentunya) segera kita bantu, kalau memungkinkan kita bantu sampai selesai masalah dia, (itu pasti sangat mulia) .seperti contoh :
dia kena banned global, suspend account , tidak bisa kirim email ,cara buat room, dan banyak hal yang lain.
10). Ini hanya mengingatkan saja ,jika kalian sedang melaporkan di room admin "JANGAN GUNAKAN KATA" dibawah ini :
-please chek / tolong di cek
penjelasan : kenapa ko seperti ini karena sudah tugas helper itu membantu / menolong room buat apa kita suruh admin yang mengecek juga ? bukan kah itu tugas kita sebagai helper
-snap done (biasanya gitu ketiknya)
penjelasan : karena setiap kita report otomatis seharusnya kita sudah mempunyai snap itu tanpa harus melaporkan di room.
-jangan ulangi laporan seperti flood ,contoh :
@indonesia ,flooding
@indonesia ,flooding
@indonesia ,flooding
@indonesia ,flooding
hal ini akan mengganggu teman2 di room
11)"Mencegah lebih baik dari pada mengobati" begitu kami istilahkan ,atau maksudnya targetkan pada master multy atau perusuh yang beraksi agar kna kick atau ban oleh admin. Beberapa helper yang terlatih dan berpengalaman biasanya mereka bisa mengenali mana yang master multy mana yang bukan,ini perlu kasabaran ,ketelitian ,komunikasi antar sesama helper dalam mengawasi room tersebut ,juga keahlian karena berpengalaman tentunya, dalam poin ini memang cukup susah. Gimana menurut kalian,jikalau penyebab flood atau roll atau hal lain yang bersifat membuat kerusuhan, lalu team mig33 melakukan tindakan untuk menghentikan itu. pasti akan aman kan?semoga ini dapat membantu.
Beberapa poin di atas adalah apa yang saya dapat dari admin icarus777 ,admin reinaldi ,dan juga admin gina.hanna namun ada beberapa dari filiyan sendiri .Saya berterimakasih kepada mereka karena sudah mengajarkan kepada kami mejadi helper.
Happy helping